Jumat, 27 Maret 2009

SATUAN RENCANA PELAJARAN

Rencana Acara Pembelajaran


Nama : Drs. Slamet
Sekolah : SMK Negeri 2 Surakarta
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan pengertian , pentingnya dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara.
Indikator : 4.1.1. Menjelaskan pengertian hubungan internasional
4.1.2. Menjelaskan pentingnya hubungan internasional
4.1.3. Menjelaskan maksudnya sarana-sarana hubungan internasional dan contoh-contohnya.
Materi Pokok : Hubungan Internasional
Kelas / Semester : II / 2
Sasaran hasil : Siswa dapat meningkatkan serta mengembangkan pemahamannya tentang pengertian , pentingnya , dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara.
Waktu : 4 x 45 menit
Perangkat ICT / Sumber yang digunakan :
Hand out , Buku Kewarganegaraan , OHP , Internet , Kertas angket , Plastik Transparan.
U R L :
Persiapan sebelum KBM :
Waktu
Metode/Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Bahan/Peralatan/
Sumber
Minggu I

10 menit






5 menit









30 menit







40 menit






5 menit





Minggu II
5 menit


40 menit






40 menit







5Menit



Memberi salam , apersepsi , dilanjudkan Guru meminta siswa untuk bercerita tentang hubungan internasioanl.

Membagikan Hand Out dan dilanjudkan
Membagi kelompok diskusi menjadi tiga, dengan tugas klp.I indikator 4.1.1, klp II indikator 4.1.2, klp III indikator 4.1.3.

Guru membantu dan mengarahkan agar bahan materi ditambah dari pengetahuan umum ( media TV, Internet dll )

Menjadi moderator dan fasilitator dan sekaligus menyimpulkan.



Menutup dan mengingatkan kegiatan minggu selanjutnya.Diakhiri dengan salam.


Membuka salam , Apersepsi

Menjadi moderator dan fasilitator dan sekaligus menyimpulkan



Menjadi moderator dan fasilitator dan sekaligus menyimpulkan.




Memberi tugas kelompok pengamatan , guru membagi lembar tugas pengamatan. Menutup pelajaran dan diakhiri dengan salam.







Menjawab salam , siswa bercerita tentang berita hubungan internasional dari TV (tentang PBB, ASEAN, Perang ) 3 orang secara bebas

Membagi kelompok secara demokratis







Siswa membahas materi sesuai dengan tugasnya masing-masing dengan kelompoknya dan menyalin di transparan


Kelompok I tampil sebagai penyaji, sedangkan kelompok II sebagai penyanggah dan kelompok III sebagai partisipan.

Menjawab salam.






Menjawab salam ,


Kelompok II tampil sebagai penyaji, sedangkan kelompok III sebagai penyanggah dan kelompok I sebagai partisipan bertanya.
Kelompok III tampil sebagai penyaji, sedangkan kelompok I sebagai penyanggah dan kelompok II sebagai partisipan bertanya.

Menerima 1 lembar tugas pengamatandan menjawab salam.











· OHP
· Internet
· Buku PKN
· Kertas Transparan
· Kertas angket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar